Publikasi Hasil Proyek terkait Mata Kuliah

Setelah minggu sebelumnya mengadakan seminar, pada tanggal 22 mei 2017 Prodi Arkeologi Universitas Jambi kembali mengadakan seminar. Seminar kali bermaksud  mempublikasikan hasil proyek dari mata kuliah yang dijalankan oleh mahasiswa/i arkeologi angkatan 2015 dan 2014. Hal tersebut dianggap penting demi melatih mahasiswa untuk mempublikasi, karena publikasi hasil penelitian merupakan bagian dalam dunia kerja Arkeologi. Lalu, Arkeologi pada masa sekarang juga memasuki prinsip “Archaeology for Public”. Untuk itu hasil penelitian yang bermanfaat seharusnya diinformasikan atau dipublikasikan kepada semua kalangan, baik melalui tulisan, seminar, forum diskusi ataupun melalui media sosial.

Para mahasiswa/i Arkeologi 2015 yang terbagi menjadi empat kelompok, menampilkan hasil KKL di Sumatera Barat yang terlaksana pada tanggal 16-20 Maret 2017. Kegiatan ini memiliki kaitan dengan mata kuliah Metode III (Tahap Interpretasi). Judul presentase yang mereka tampilkan ialah: (1) Deskripsi dan Interpretasi Situs Menhir Bawah Parit, (2) Makam Ustano Rajo Alam (Deskripsi dan Interpretasi), (3) Interprestasi Prasasti Pagaruyung, dan (4) Akulturasi Kebudayaan dari zaman prasejarah hingga kini.

Selanjutnya, dengan terbagi menjadi beSeminar 3berapa kelompok, para mahasiswa/i Arkeologi 2014 menampilkan hasil proyek yang terkait dengan mata kuliah Museologi, serta Preservasi dan Konservasi. Adapun hasil proyek dari mata kuliah Museologi yang mereka tampilkan ialah berjudul: (1) Kajian Koleksi Musem Siginjai, (2) Kajian Kritik terhadap Museum Siginjai (Kajian Manajemen Komunikasi, SOP, Tata letak, SDM, serta Keamanan), (3) Kajian Koleksi Museum Perjuangan Rakyat, (4) Kajian Kritik Museum Perjuangan Rakyat. Sementara itu, hasil proyek yang terkait mata kuliah Preservasi dan Konservasi ialah berjudul: (1) Konservasi dan Preservasi pada Rumah Batu Olak Kemang, (2) Analisis Kerusakan dan Mitigasi bencana pada Bangunan Kolonial di Tembesi, dan (3) Mitigasi Bencana pada Kawasan Candi Muaro Jambi.

Acara ini dimulai dari jam 09.00 dan berakhir sekitar jam 13.30. Selain dari pihak Arkeologi Universitas Jambi, acara ini dihadiri oleh Pak Yusuf Martum selaku dari pihak Musem Siginjai. Sedikit apresiasi dari Pak Yusuf Martum  karena kekritisan mahasiswa/i dalam melakukan penelitian, ataupun menjawab berbagai permasalahan yang ada di lapangan. Kegiatan ini telah membuka wawasan mahasiswa lebih luas, sehingga diskusi berlangsung hidup. Setelah diskusi, presentasi langsung dievaluasi dan dikritik oleh Pak Yusuf Martum dan Pak Asyhadi Mufsi Sadzali, agar berkurangnya kesalahan pada proyek selanjutnya.

Dengan diadakan acara ini diharapkan mahasiswa/i Arkeologi dapat menambah wawasan baru, baik dari pengalaman atau pengetahuan. Lalu dapat menjadi seorang arkeolog yang siap turun ke lapangan bersenjatakan wawasan dan pengalaman yang mereka dapatkan.

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *